Inilah 10 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Untuk Si Kurus

Inilah 10 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Untuk Si Kurus,- Sementara sebagian besar orang ingin menurunkan berat badannya, sebagiannya lagi justru ingin menambah berat badan. Hal ini bisa membuat kelompok pertama ‘cemburu’. Namun bagi mereka yang kurus, program ini bisa jadi sebuah tantangan tersendiri. Tanpa alasan medis, orang yang kurus memiliki sistem metabolisme yang cepat, sehingga terkadang sangat sulit bagi mereka untuk meningkatkan berat badannya.

Inilah 10 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Untuk Si Kurus
Banyak alasan mengapa seseorang ingin menambah berat badan, mulai dari untuk memperbaiki penampilan, meningkatkacan kepercayaan diri, memperbesar otot tubuh, hingga alasan kesehatan.Memang benar bahwa minuman soda yang mengandung banyak gula dan berbagai junk food akan menambah berat badan, namun tentu tidak baik bagi tubuh dalam jangka waktu panjang.

Cara terbaik menambah berat adalah dengan makan secara alami –dan sehat, serta memperhatikan asupan kalori yang masuk ke tubuh. Nah dan berikut ini adalah 10 makanan yang akan dapat menambah berat badanmu secara sehat.

  • Daging Merah
Jika anda ingin menambah berat badan, tingkatkan asupan daging merah. Misalnya saja steak, yang mengandung banyak protein dan zat besi. Anda membutuhkan kandungan tinggi lemak dalam setiap potongannya.Selain itu, ada juga iga, sosis sapi, soto daging, potongan daging sapi tenderloin, dan lain sebagainya. Makanan-makanan ini tinggi akan kolesterol, dan cocok untuk kebutuhan anda.

  • Susu Sapi Murni
Gantilah susumu dengan susu sapi murni. Terlebih bagi anda yang terbiasa mengkonsumsi susu skim (tanpa lemak). Anda membutuhkannya untuk membantu menambah berat badan. Selain itu, susu sapi murni sangat bernutrisi tinggi, khususnya vitamin A dan vitamin D. Untungnya anda bisa menggunakan susu dengan banyak cara seperti mencapurnya dengan sereal, oatmeal, ataupun dalam bentuk segelas susu untuk diminum. Jika anda terbiasa minum kopi, gunakan susu sapi  murni sebagai creamernya.

  • Selai Kacang
Selai kacang dikemas dengan protein dan lemak, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menambah berat badan. Satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein. Selain itu selai kacang tinggi akan kandungan folat, magnesium, vitamin E dan juga vitamin B3. Anda bisa menikmatinya bersamaan dengan roti atau oatmeal. Ketika memilih produk selai kacang, pilihlah produk yang alami dan murni, tanpa kandungan gula tinggi dan berbagai bahan tambahan lainnya. Pelajari kandungannya pada label/kemasan produk masing-masing.

  • Buah-Buahan Tropis
Hidup di negara tropis seperti Indonesia, rugi kalau tidak mengeksploitasi berbagai buah tropis yang sangat baik untuk menambah berat badan. Sebut saja pepaya, mangga, pisang, dan nanas, yang memiliki kandungan tinggi gula alami. Buah-buahan ini akan juga akan memberimu energi lebih setiap hari. Tambahkan sebanyak mungkin buah dalam pola makanmu sehari-hari. Tidak perlu khawatir, karena tidak ada orang yang menjadi terlalu gemuk karena mengkonsumsi buah-buahan.

  • Alpukat
Buah hijau yang populer ini sangat baik untuk menambah asupan lemak sehat ke dalam tubuh anda. Buah alpukat mengandung kalori yang tinggi, termasuk juga potasium, asam folat, vitamin E dan vitamin B. Anda bisa menikmatinya sebagai campuran dalam salad atau dibuat jus segar murni. Nikmat dan sehat, bukan?

  • Roti Gandum
Rajin mengkonsumsi roti bagus sebagai permulaan untuk menambah berat badan secara sehat. Khususnya roti gandung murni. Berbeda dengan potongan roti putih yang biasa kita makan semasa kecil, roti gandum lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya. Roti gandum mengandung serat atau fiber dan beberapa mineral yang tidak dimiliki roti biasa. Kelebihan ini akan membuat anda kenyang lebih lama dan energi yang lebih, di samping lebih sehat untuk pencernaan.

  • Mentega
Tidak ada yang lebih nikmat selain mentega untuk masakan. Membuat hidangan lebih berkalori dan lebih nikmat tentunya. Mentega mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh) yang tinggi, sehingga anda bisa menggunakannya setiap ada kesempatan. Gunakan sebagai atasan pada roti atau untuk menggoreng telur saat sarapan pagi.

  • Kacang-Kacangan
Kacang adalah camilan yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan anda. Kandungan lemak dan nutrisinya melimpah. Walaupun terdapat banyak macam kacang-kacangan dengan kandungan nutrisi yang berbeda, namun hampir semuanya baik untuk tujuan menambah berat badan anda. Khususnya kacang almond, yang sangat menyehatkan. Selain itu ada kacang tanah, kacang hijau, polong, dan lain sebagainya.

  • Keju
Keju termasuk salah satu makanan favorit di berbagai tempat. Anda hampir selalu bisa mencampurkannya di berbagai hidangan. Keju mengandung semua nutrisi yang dimiliki susu murni, karena keju memang merupakan hasil olahan susu.Jadikan keju sebagai isi roti anda atau mencampurnya dengan telur saat sarapan. Anda bahkan juga bisa memakannya langsung sebagai ‘camilan’, karena keju sangat tinggi protein.

  • Kentang
Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, yang pertama dihindari adalah karbohidrat. Berbeda dengan anda yang ingin menambah berat badan, justru harus menambah karbohidrat dalam pola makan anda. Kuncinya adalah memilih jenis karbohidrat yang memiliki nilai nutrisi. Kentang adalah pilihan sempurna, karena mengandung protein yang tinggi, selain kandungan serat atau fiber dan vitamin C yang melimpah. Makan kentang dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi yang lebih optimal. Ketika kentang telah dikupas, proteinnya akan berkurang lebih dari setengahnya. Cara yang sederhana adalah dengan membersihkan dan merebus kentang, maka anda dapat mengkonsumsinya buah kentang ‘yang utuh’ begitu mereka telah masak.

Di samping asupan makanan yang sehat dan tepat, olahraga juga akan membantu anda meningkatkan metabolisme tubuh sehingga nafsu makan juga akan meningkat. Mengikuti program fitnes atau kebugaran dan angkat beban juga dapat membantu membentuk otot tubuh dan memberikan ruang untuk protein yang masuk ke dalam tubuh anda.

Inilah 10 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Untuk Si Kurus


0 Response to "Inilah 10 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Untuk Si Kurus"

Posting Komentar